INFORMASI PRAKIRAAN CUACA TIGA HARIAN
WILAYAH BIMA DAN DOMPU

TANGGAL 02 - 04 DESEMBER 2020

  1. Kondisi Cuaca 24 Jam Terakhir
    1. Berdasarkan pantauan Citra Radar dan Satelit cuaca, kondisi cuaca wilayah Bima dan Dompu pada pagi hingga siang hari adalah cerah berawan. Pada siang hingga sore hari kondisi cuaca wilayah Bima dan Dompu adalah berawan hingga hujan dalam intensitas ringan - lebat. Pada malam hingga dini hari cuaca wilayah Bima dan Dompu adalah berawan hingga hujan ringan-sedang
    2. Berdasarkan data pengamatan sinoptik pada umumnya suhu udara di wilayah Bima dan Dompu berkisar 25- 31°C dengan kelembapan udara berkisar 69% - 95%. Angin pada umumnya bertiup dari arah Timur - Utara dengan kecepatan angin rata - rata berkisar 10 - 30 Km/Jam dan kecepatan angin maksimum dapat mencapai 40 km/jam.
  2. Kondisi Cuaca Umum Saat Ini
    1. Kondisi cuaca wilayah Bima dan Dompu pada umumnya, adalah sebagai berikut: pada pagi hingga siang hari adalah berawan hingga hujan ringan - sedang, pada siang hingga sore hari adalah berawan dan berpotensi terjadi hujan intensitas ringan-lebat dapat disertai dengan kilat/petir dan angin kencang, pada malam hingga dini hari adalah berawan - hujan ringan.
    2. Suhu udara berkisar antara 25 - 32 °C , dengan kelembaban udara berkisar antara 65 - 98 %
    3. Angin umumnya bertiup dari arah - dengan kecepatan berkisar antara 10 - 30 Km/Jam.
    4. Tinggi gelombang laut di Perairan Utara Bima berkisar antara 0.5 - 1.25 meter, di Perairan Selatan Bima berkisar antara 1.25 - 2.5 meter, di Pelabuhan Bima berkisar antara 0.5 - 1.25 meter dan di Samudera Hindia Selatan NTB berkisar antara 2.5 - 4 meter
  3. Kondisi Dinamika Atmosfer
    1. Terpantau kondisi indeks ENSO berada pada nilai -0.95 Hal tersebut menunjukkan kondisi La Nina yang memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan hujan harian di wil. Indonesia, termasuk wilayah Bima dan Dompu.
    2. Terbentuk pola belokan angin (shearline) di sekitar wilayah Pulau Sumbawa yang menyebabkan massa udara basah terkonsenterasi di wilayah Pulau Sumbawa sehingga meningkatkan potensi pembentukan awan dan terjadinya hujan wilayah Bima dan Dompu.
    3. Suhu muka laut disekitar perairan Bima dan Dompu dalam kondisi hangat berkisar antara 29-31°C. Potensi penguapan cukup tinggi sehingga mendukung pertumbuhan awan di wilayah Bima dan Dompu.
    4. Kondisi kelembaban atmosfer wilayah Bima dan Dompu cukup lembab yaitu berada pada kisaran 70% - 90% hingga lapisan 200hPa yang cukup signifikan dalam membantu pembentukan awan dan meningkatkan potensi terjadinya hujan wilayah Bima dan Dompu
  4. Prediksi 3 hari kedepan
    1. Berdasarkan analisis terhadap pemodelan cuaca, secara umum prospek cuaca wilayah Bima dan Dompu 3 hari kedepan adalah sebagai berikut: pada pagi hingga siang hari diprakirakan cuaca di wilayah Bima dan Dompu adalah cerah berawan, siang menjelang sore diprakirakan berawan dan berpotensi terjadi hujan dalam intensitas sedang-lebat yang dapat disertai dengan kilat/petir dan angin kencang. Pada malam hingga dini hari cuaca wilayah Bima dan Dompu di prakirakan cerah berawan. Angin bergerak dari arah Timur - Utara dengan kecepatan angin rata-rata berkisar antara 20-30 km/jam.
    2. Tinggi gelombang laut di perairan sekitar wilayah Bima dan Dompu adalah sebagai berikut: Perairan Utara Bima berkisar 0.5-1.25 meter; Perairan Selatan Bima berkisar 1.25 - 2.5 meter, Samudera Hindia Selatan NTB berkisar 1.25 - 2.5 meter
  5. Peringatan Dini
    - Waspadai gelombang tinggi di perairan sekitar Bima dan Dompu yaitu di perairan Selatan Bima dan Dompu serta perairan Samudera Hindia Selatan NTB. - Waspadai potensi terjadinya hujan dalam intensitas sedang - lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di pesisir barat dan utara wilayah Bima dan Dompu yaitu di wilayah Pekat, Kempo, Manggalewa, Pajo, Sanggar, Dompu, Madapangga, Donggo, dan kota Bima. - Waspadai cuaca ekstrem yang berpotensi terjadi yaitu hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan dapat disertai angin kencang pada masa transisi.
Citra Satelit Himawari-8
Tinggi Gelombang Laut
Sebaran Titik Panas
Citra Potensi Hujan